Masalah Pada Printer Dot Matrix


Printer Dot Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Karakter disusun atas pola itik dengan menggerakkan printhead secara menyamping ke seberang halaman dalam kenaikan yang sangat kecil. Pin/jarum, terdapat di printhead tersebut, dengan panjang sekitar satu inci dan dikemudikan oleh beberapa pendorong memaksa masing-masing pin menitik/menjepit pita tinta dan menutupi kertas pada suatu waktu tertentu. Kekuatan pada pendorong ini datang dari tarikan yang magnetis dari gelang kawat kecil ( solenoid ) yang diberi tenaga pada situasi tertentu, tergantung pada karakter yang akan dicetak. Pemilihan waktu isyarat mengirim kepada solenoid diprogramkan ke dalam printer untuk masing-masing karakter, dan menterjemahkan dari informasi yang dikirim oleh computer karakter yang mana untuk dicetak.
Dibawah ini adalah tips merawatnya printer dot matrix yang bisa dilakukan sendiri oleh user.

  1. Bersihkan bagian yang selalu bergerak seperti, head, penggulung kertas dan seputar rol kertas
  2. Perhatikan pergerakan pita apakah jalannya lancar..? Ini digunakan untuk mencegah pita robek
  3. Buka 2 baut di head pakai obeng kembang, perhatikan apakah posisi jarum rata..? Jarum head printer yang tidak rata akan mengakibatkan hasil cetak tidak bagus
  4. Perhatikan ketebalan kertas dengan menyesuaikan dengan kerenggangan head printer, caranya dengan mengatur posisi maju atau mundur penggerak head. Letaknya biasanya ada di posisi kanan printer
  5. Bantalan penggulung kertas kalau licin akan menyebabkan kertas sulit untuk digulung oleh penggulung kertas, sahakan bantalan penggulung kertas tetap kasar.
Kelebihan dan Kelemahan :
Kelebihan Printer Dot Matrixyang utama adalah dari kehebatannya untuk mencetak kata yang bercetak miring atau bercetak tebal dengan mengubah posisi Dot yang tersususun dikertas. Tambahannya adalah printer Dot Matrix relatif lebih murah bila dibandingkan dengan printer lain seperti laser printer. Terakhir printer Dot Matrix bisa digunakan pada waktu mencetak kertas yang berisi karbon dll.
kekurangan printer Dot matrix
adalah lambat dalam mencetak dan pada saat proses pencetakan menimbulkan suara bising.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s