Cara Mencari Dan Menggunakan Proxy Buat Nyamarin IP Address


Bagi mereka yang udah sering bersentuhan dengan dunia maya atau Internet, mungkin udah ga asing lagi denger kata Proxy. Yup.. proxy itu seperti mirror/pemantul yang berguna untuk menutupi IP address asli kita.

Biasanya proxy ini digunakan untuk menutupi privacy kita. Yah.. namanya dunia maya, kita ga tau orang2 seperti apa saja yang berkecimpung di dalamnya. Jadi kita bisa berhati-hati.

Ok.. saya beri sedikit langkah yang simple untuk mencari dan menggunakan proxy.

  1. Buka http://www.aliveproxy.com
  2. Trus carilah proxy negara mana yang ingin dipakai. Kebanyakan memakai negara USA, itu dikarenakan banyaknya proxy yang ada dan juga terkenal kenceng. Tapi ga selalu lo.
  3. Liat ip dan port mana yang mau dipakai, semisal ini “69.14.211.102:2396″ dimana “69.14.211.102″ adalah IPnya dan “2396″ adalah portnya.
  4. Yang perlu diingat adalah cari IP yang mempunyai keterangan “anonymous”

Nah.. untuk cara pakainya :

– Internet Explorer :

  1. Buka tools > internet options
  2. Klik tab Connection trus klik LAN Settings
  3. Pada bagian proxy server, isi centang pada “use a proxy..”
  4. Pada box address masukan IP proxy, pada box port masukan portnya
  5. Centang juga bagian “by pass..”
  6. klik OK

– Mozilla Firefox versi 2:

  1. Buka tools > options
  2. Bagian advance, klik tab Network
  3. Bagian Connection, klik Setting di sebelah kanan
  4. Kemudian pilih manual proxy configurations
  5. Pada bagian HTTP proxy, masukkan IP proxy dan portnya
  6. klik OK

– Opera 9 :

  1. Buka tools > preferences
  2. Pilih tab advance
  3. Pilih Network di bagian kiri, kemudian klik proxy server dibagian kanan
  4. Centangi bagian HTTP kemudian masukkan IP proxy dan portnya
  5. Klik OK

Nah.. anda telah menggunakan proxy. Namuh tetap harus di cek dulu apakah proxy itu jalan atau tidak. Cara ngeceknya adalah arahkan browser anda yang telah menggunakan proxy ke salah satu web dibawah ini :

  1. http://www.cmyip.com
  2. http://www.checkip.org

Jika berhasil, tampilan browser adalah IP proxy lengkap dengan negaranya. Itu berarti proxy yang anda gunakan telah berjalan dan anda telah siap untuk browsing..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s