10 hal untuk membuat kesan pertama pada sebuah website


Ketika seseorang pertama kali mengunjungi website anda, maka anda mempunyai waktu 10 detik untuk mengesankan mereka. Itu adalah waktu bagi seseorang untuk memutuskan apakah ingin tinggal atau pergi ke situs lain. Di bawah ini terdapat sepuluh hal yang bisa anda pikirkan ketika menganalisa website anda:

  1. Website anda seharusnya terlihat profesional, bersih dan mudah
    Ketika anda berjalan ke dalam toko di dunia nyata, anda akan lebih cocok untuk membeli dari sebuah toko yang bersih, mudah berjalan di lorong, menjual produk berkualitas yang terpajang rapi di rak, dan mempunyai perasaan nyaman. Sama halnya dengan dunia maya, website anda seharusnya tidak terlihat kusut, sehingga pengunjung bisa dengan mudah menavigasi situs anda.
  2. Navigasi website seharusnya mudah dan sederhana
    Jika pengunjung anda memiliki masalah dalam menemukan apa yang ingin dicari secara terburu-buru, maka jauh lebih mudah bagi mereka untuk berkunjung ke website pesaing lain yang memiliki navigasi yang lebih mudah. Tetap buat navigasi dalam lokasi yang menyolok dengan tombol atau link yang sederhana.
  3. Pilih palet warna yang menarik dan nyaman
    Pelajari warna apa yang disukai oleh pengunjung. Jika anda ingin menenangkan hati pengunjung anda, maka gunakan subtle dan warna yang terang. Jika anda ingin menggairahkan pengunjung anda, maka gunakan warna-warna yang ceria. Bertahanlah pada warna dan bayangan yang saling bekerja sama. Gunakan roda warna untuk melihat keseimbangan warna satu sama lain.
  4. Buatlah sebuah pernyataan merek dan gunakan pernyataan itu di keseluruhan website
    Bisnis anda seharusnya mempunyai merek khusus yang berbeda dengan pesaing anda. Merek anda harus terlihat unik sehingga bisa menarik perhatian pengunjung. Tempatkan merek anda secara menyolok di sebelah atas halaman utama. Pastikan anda mempertahankan merek anda di keseluruhan situs agar segalanya terlihat dan memberi perasaan konsisten.
  5. Tampilkan apa tema website bisnis anda
    Pengunjung anda hanya punya waktu 10 detik untuk membaca secara teliti situs anda sebelum memutuskan untuk berlanjut. Pastikan bahwa mereka bisa mempelajari semua bisnis anda dalam waktu 10 detik. Jika url atau nama bisnis anda tidak secara mudah menjelaskan tujuan bisnis anda, maka pastikan untuk menciptakan sebuah tagline dan gunakan itu sebagai bagian dari pernyataan merek.
  6. Pastikan bahwa hal-hal penting berada pada tempatnya ketika pengguna dapat melihatnya
    Banyak pengunjung tidak akan membaca keseluruhan website anda. Orang cenderung untuk membaca dengan teliti sebuah halaman web secara cepat. Penggunaan warna dan penebalan dapat membuat kata-kata dan kalimat penting akan lebih menonjol keluar dan menangkap perhatian pembaca. Pastikan bahwa link-link atau tombol-tombol yang penting mudah dilihat, menonjol, dan tidak berada jauh di bawah halaman web anda.
  7. Tampilkan grafik dan gambar berkualitas secara menyolok
    Grafik dan gambar-gambar lain di website anda bisa menarik perhatian pengunjung lebih daripada tulisan. Pastikan bahwa gambar anda adalah grafik berkualitas tinggi dan dioptimasi untuk bisa cepat di-upload.
  8. Gunakan foto-foto untuk menampilkan kualitas dari produk-produk anda
    Karena pengunjung tidak dapat mengambil produk-produk anda untuk dilihat, maka bersandarlah pada gambar dan grafik. Gunakan gambar-gambar dan foto yang menarik yang berskala cukup besar untuk memperlihatkan detail yang penting.
  9. Gunakan halaman web yang berdiri sendiri
    Tidak seperti sebuah majalah atau katalog, anda tidak dapat memprediksi halaman web mana yang akan pengunjung anda baca, pertama, kedua atau terakhir. Hindari memiliki isian website yang mengharuskan pengunjung untuk melihat halaman lain. Jadi pastikan setiap halaman dapat berdiri sendiri.
  10. Uji navigasi dan link anda
    Uji disain wesbite komplit anda dengan memperlihatkannya kepada yang lain. Lihat bagaimana reaksi dan cara mereka menavigasi. Tanyakan pertanyaan terbuka mengenai bagaimana apakah mereka mendapatkan kesulitan untuk menemukan kemampuan-kemampuan tertentu pada situs anda?

Website anda dapat menjadi kesan pertama bagi anda dan bisnis anda. Warna, gambar, huruf, tulisan dan visual lain akan membawa perasaan dan pemikiran tertentu bagi pengunjung yang baru pertama kali melihat situs anda. Jadi pastikan anda mengirimkan pesan yang benar kepada pengunjung.

//

Written by Ary.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s