wahyuinformatika

Tidak Bisa Masuk (Log On) ke Windows XP?


Tidak bisa masuk (Log On) ke Windows XP?

Jika ini adalah masalah yang sedang anda hadapi, mungkin anda tidak perlu khawatir. Selama anda memiliki CD Instalasi Windows XP (baik bajakan maupun original -> tapi saya sarankan anda pakai yangoriginal..untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan), anda dapat kembali masuk ke sistem xp anda hanya dengan sebuah metode sederhana namun efektif yang memungkinkan anda sedikit membobol celah akses pada Windows XP.
Metode ini sangat mudah dilakukan bahkan oleh seorang pemula – metode ini tidak membutuhkan skill ataupun perintah yang rumit. Serta…metode ini GRATIS!!! – saya katakan seperti itu, karena anda bisa saja membayar 500 ribu – 2 jt untuk sekedar membeli maupun mendownload tool recovery, atau dengan membawanya ke toko service komputer.
Bila anda serius, anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah untuk memulai :
1.Letakkan CD instalasi Windows XP anda di dalam CD-ROM PC anda dan kemudian nyalakan komputer (saya asumsikan cd instalasi yang anda gunakan adalah cd bootable – karena kita harus melakukan booting dari cd – maka anda harus mensetting di bios anda agar PC anda dapat melakukan booting pertama kali menggunakan CD)
2.Perhatikan pesan di layar monitor saat proses booting berlangsung, biasanya ada tulisan “Press anykey to boot from cd” yang berarti anda harus menekan sembarang pada keyboard anda untuk dapat melakukan booting dari cd.
3.Begitu anda berhasil masuk, halaman pertama yang anda lihat yaitu “Setup is inspecting your system and loading files”
4.Begitu muncul halaman “Welcome to Setup”, tekan ENTER untuk melakukan setup windows sekarangjuga.
5.Saat keluar halaman “Licensing Agreement” – tekan F8 untuk menerima perjanjian tersebut.
6.Halaman selanjutnya adalah halaman pilihan setup yang memberikan anda pilihan apakah anda ingin melakukan proses perbaikan (repair). Kira-kira disana dapat kita baca tulisan seperti ini “If one of the following Windows XP installations is damaged, Setup can try to repair it”. Gunakan tombol panah keatas atau panah kebawah pada keyboard untuk memilih instalasi xp anda (jika anda hanya memiliki satu sistem operasi xp di pc anda, maka sistem secara otomatis telah terpilih) kemudian tekan “R” untuk memulai proses repair.
7.Biarkan proses repair berjalan. Setup akan mencek hardisk anda dan kemudian mengkopi file-file sistem kedalamnya, sehingga proses ini akan memakan waktubeberapa menit
8.Segera setelah proses kopi file, maka sistem diharuskan untuk dire-boot (ini akan otomatis terjadi – anda dapat melihat progress bar berwarna merah dengan tulisan “Your computer will reboot in 15 seconds”
9.Selama masa reboot, jangan melakukan kesalahan dengan menekan tombol keyboard, karena itu berarti akan kembali membawa sistem pada proses boot melaui cd kembali, sampai sini, biarkan windows berjalan otomatis. Proses selanjutnya anda akan dibawah kesebuah halaman instalasi xp.
10.Dalam proses ini, perhatikan sisi kiri bawah halaman hingga disana anda terdapat tulisan “Installing Devices”, tekan tombol SHIFT+F10 pada keyboard. Tahukah anda, inilah celah keamanan yang saya maksud diatas! Sebuah jendela perintah konsol khas DOS akan muncul sehingga dapat memberikan anda kesempatan yang besar untuk dapat melakukan akses pada sistem anda.
11.Di jendela prompt DOS, ketikkan NUSRMGR.CPL kemudian tekan enter. Bravo! anda baru saja berhasil membuka akses grafis untuk memanage User Account yang biasa ada di control panel.
12.Sekarang, silahkan anda pilih account yang ingin anda ganti passwordnya kemudia remove atau changepassword baru sesuai yang anda inginkan. Jika anda ingin dapat masuk tanpa mengetikkan kembali password, setelah melakukan pergantian password, silahkan tutup jendela tersebut, kemudian kita kembali ke DOS prompt, kemudian ketikkan “control userpasswords2″, ketika muncul sebuah jendela, pilih checklist “log on without being asked for passwords”. Setelah itu tekan ok dan tutup jendela tersebut. Setelah kembali ke jendela Prompt DOS, ketikkan “exit” untuk keluar dari jendela prompt. Langkah selanjutnya adalah melanjutkan proses instalasi yang sedang berjalan (oh ya…dalam proses instalasi, anda diharuskan memiliki CD key yang nantinya harus anda ketikkan ketika diminta).
13.Setelah proses repair selesai, maka anda dapat dengan mudah masuk dengan menggunakan password baru anda (atau masuk tanpa menggunakan password jika tandi anda memilih opsi agar sistem tidak menanyakan password lagi.
Saya melakukan test ini menggunakan Windows XP SP2, dana saya juga tahu cara ini juga dapat dilakukan jika anda memiliki Windows XP SP1, dan saya melakukan test ini dalam keadaan saya benar-benar harus masuk ketika saya lupa password saya.
Ok selanjutnya…selamat mencoba dan selamat belajar!

About these ads

September 9, 2011 - Posted by | Windows

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: